Wedding : MENGHITUNG BUDGET PERNIKAHAN

Haiiii Bride and Groom to be ♡

Masih galau memperhitungkan berapa budget yang diperlukan untuk menggelar sebuah pernikahan?

Hhhmmmm… tau ga kalian kalau biaya pernikahan itu selalu naik 10% setiap tahunnya? So buat kalian yang udah ada calon pasangan, siap mental lahir bathin, ga usah nunggu lama ! Geret aja langsung ke KUA ! *kuda kali digeret*

Emangnya nikah cuma bisa modal siap mental doang? modal duit nya apa kabar? nikah jaman sekarang bunyi nya ratusan juta kelesss !

Ah masa sih?

Seberapa mahal nya modal nikah itu tergantung seberapa mahal ego kalian ! Percaya deh berapa pun modal yang kalian punya masih tetep bisa nikah kok. Ga percaya banget nih??

Yuk kita coba itung-itungan !

① TENTUKAN BUDGET 

Kalian punya budget berapa? itu yang pertama kali harus kita pikirkan sebelum merencanakan sebuah pernikahan. Emang bener rata-rata wedding package yang ditawarkan WO biasa nya selalu di atas 100 juta untuk paket all in. Tapi itu bisa kita akalin dengan nyari sendiri vendor-vendor nya, jadi kita bisa sesuaikan dengan budget yang kita punya.

Aku sendiri punya budget di bawah 100 juta. Kalau bisa total semua dikisaran 90 jutaan aja. Bukan masalah ga punya duit nya *gelaaaa songong*

Tapi aku punya target lain setelah menikah, yaitu punya rumah sendiri. Aku ga mau tinggal numpang di rumah orang tua. Jadi uang tabungan aku saat ini, lebih aku prioritaskan untuk kehidupan setelah menikah 🙂

Kalian juga bisa memikirkan apa yang jadi prioritas kalian saat ini? Syukur kalau kalian punya banyak rejeki, orang tua dan keluarga ikut bantu ngasih modal nikah. Tapi apa kalian rela menghabiskan uang ratusan juta untuk perayaan yang hanya SEHARI itu?

Semegah apapun nikahan kalian, orang yang dateng ga bakal selama nya inget kok. Bahkan mungkin kalian sendiri akan lupa. Coba dipikirkan lagi yaa dan jangan maksain apa yang ada diluar batas kemampuan kalian 🙂

② BIKIN PRIORITAS VENDOR

Setelah nentuin budget, kita harus nyari tau biasa nya vendor apa aja yang dibutuhkan untuk acara pernikahan. Vendor ini ga semua nya wajib ada kok ! Kalian bisa pilih apa aja yang kalian butuhkan.

  • Make up artist
  • Catering
  • Decoration
  • Photography and Videography
  • WO
  • Hiburan
  • Upacara adat dan siraman
  • Venue lokasi pernikahan
  • Undangan dan souvenir

Aku sendiri pengen semua vendor ini tetep ada tapi ga mau ngeluarin lebih dari budget yang aku punya. Cara nya gimana?

Aku tentuin vendor mana aja yang harus bagus dan vendor yang standar. Prioritas aku ada 3, yaitu MUA, Photography dan Decoration. Selebihnya aku bakal nyari yang standar dan masuk budget.

③ KISARAN BIAYA

Untuk harga memang semua tergantung vendor nya. Tapi yang bagus itu ga selalu mahal kok. Aku dapet kisaran harga ini setelah nanya-nanya langsung ke beberapa vendor yaa jadi ga ngasal nyantumin biaya 🙂

  • MUA

Biasa nya MUA ini punya paket basic dan paket all in yang termasuk acara siraman, prewedding dan upacara adat. Paket basic biasa nya di bawah IDR 10 juta, udah termasuk make up akad + resepsi pengantin dan orang tua, baju pengantin dan orang tua juga make up dan busana pager ayu 4 pasang. Malah suka ada yang ngasih bonus hand bouquet dan kuku palsu.

Untuk vendor yang udah terkenal dikalangan Bandung kayak Ayung Berinda, Yuyun make up, Ivan Belva dll kisaran di bawah 15 juta.

Paket all in yang udah termasuk prewedding, siraman, akad dan resepsi, plus upacara adat sunda rata-rata dikisaran IDR 25 – 35 juta tergantung vendornya. Bahkan aku dapet pricelist dari Ayung Berinda dengan harga IDR 29 juta udah termasuk paket basic, upacara adat mapag pengantin, ngaras dan siraman plus bonus MC akad dan resepsi.

  • Catering

Ini nih yang kata nya selalu ngabisin budget paling banyak ! Catering biasa nya suka udah sepaket sama dekorasi. Tapi suka ada batas minimal jumlah tamu nya. Biasa nya kalau kita ngundang 500 orang berarti budget catering nya harus untuk 1000 orang.

Nah untuk paket nya sendiri rata-rata dari IDR 37 rbu – IDR 100 rbu. Itu udah dapet bonus dekorasi pelaminan, area catering, penerima tamu, entrance gate dll. Kalau kita venue nya di hotel, biasa nya kita diwajibin ambil catering dari hotel dan udah pasti mahal banget gengsss… biasa nya selalu di atas 100rbu/pax nya.

Kalau kalian milih yang udah termasuk dekor, menurut aku jatoh nya bakal lebih murah, menghemat biaya dan ga perlu pusing nyari vendor dekor lagi. Terus gimana kalau takut dekorasi nya ga maksimal? Tenang… biasa nya kita bisa kok upgrade dekor nya dengan tambahan biaya 🙂

Kalau aku karna pengen vendor dekor dan catering pisah, jadi aku custom menu catering nya dengan budget IDR 30 rbu/pax nya. Aku ga terlalu prioritasin catering sih, jadi menu nya standar aja dan stand stall nya ga mau terlalu banyak takut mubazir.

  • Decoration

Buat kalian yang milih vendor catering yang udah termasuk dekor, kalian bisa skip part ini 🙂

Karena aku pengen vendor dekor nya pisah jadi aku nyari yang khusus dekorasi. Kisaran harga yang aku dapet start from IDR 15 – 40 juta, ini tergantung luas venue nya yaah..

Sebenernya semua vendor isi paketan nya sama kok. Cuma yang ngebedain itu konsep dekorasi nya, jenis fresh flower yang dipake nya, lokasi venue nya dimana dll.

Aku kemungkinan bakal ambil yang kisaran 20 juta aja, itu pun yang aku dapet item nya udah banyak banget.

  • Photography dan Videography

Ini masuk di list wajib vendor yang harus bagus tapi tetep ga mau yang terlalu mahal. Aku pilih vendor dengan harga 7 juta udah termasuk siraman, akad dan resepsi (foto + video) yaa.

Ada kok yang lebih murah lagi cuma IDR 5 juta paket wedding only, dan bahkan ada yang 6 juta udah all in termasuk prewedding, siraman, akad dan resepsi.

  • WO

Ini butuh ga butuh sih sebenernya.. kalau kalian nyari vendor semua nya sendiri terus takut pas hari H acara nya berantakan karena ga ada yang koordinasi, kalian bisa pake WO hanya untuk bantu di hari H nya aja. Kisaran harga nya IDR 3 – 10 juta tergantung seberapa terkenal WO nya.

Mau yang lebih hemat lagi?

Minta bantuan keluarga kalian aja buat jadi WO. Tinggal kalian kumpulin keluarga kalian yang bisa bantu handle acara nya nanti, meeting sebelum hari H dan bagi-bagi tugas pas hari H. Jadi kalian tetep bisa santaaiiii ga khawatir takut ada yang kurang.

Kalau aku karna posisi nya sekarang lagi jauh merantau di negeri orang, calon suami juga sibuk kerja sambil kuliah jadi aku putusin buat pake WO pas di hari H nya aja nanti.

Biasa nya WO khusus di hari H mulai bekerja 1 bulan sebelum acara. Jadi mereka bantu ngehubungin ulang vendor yang udah kita pilih, ngatur susunan acara dll.

WO aku cuma 3 juta, masih baru sih tapi temen sendiri jadi lebih leluasa aja kalau minta tolong 🙂

  • Hiburan

Hiburan music ini juga bisa dihilangkan kalau kalian ngerasa ga butuh. Kita bisa nyalain CD player aja, hemat dan ga butuh modal banyak kan !

Kalau aku tetep pake tapi yang standar sih cuma 2 juta udah termasuk 3 personil (vocal, keyboard dan gitar).

  • Upacara adat dan Siraman

Kita bisa ngeskip ini juga kalau pengen lebih hemat. Biasa nya upacara adat itu sekitar IDR 3 – 4 juta dan siraman sekitar IDR 4 – 6 juta tergantung vendornya.

Aku rencana nya pake MUA yang udah include upacara adat dan siraman, jadi ga perlu nyari vendor lain.

  • Venue Lokasi

Nah ini harga nya tergantung tempat yaa. Kalau daerah Bandung untuk indoor ataupun outdoor itu bisa kisaran IDR 10 – 30 jutaan, tapi ada yang murah kayak gedung aula tentara gitu bisa cuma 5 jutaan aja, atau kalau mau nyewa villa dan tamu undangan nya ga terlalu banyak ada kok yang cuma 3 jutaan.

Kalau aku karna halaman rumah nenek yang letak nya pas di sebelah rumah itu lumayan luas, jadi rencana nya ga akan nyari venue.

  • Undangan dan Souvenir

Setelah aku kepoin vendor percetakan undangan di Bandung ternyata paling murah ada yang cuma 2000 an aja sissss… Semua emang tergantung bahan kertas dan jumlah yang bakal di pesen. Yang harga nya 4000an juga udah bagus banget kok desain dan bahan nya. Lebih baik emang kalian datengin langsung tempat percetakan nya biar bisa cek sendiri bahan nya kayak gimana.

Kalau souvenir murah meriah banyak deh di grosiran Pasar baru atau tanah abang.

Untuk aku sendiri rencana nya bakal ngundang 500 tamu tapi karna temen aku rata-rata rumah nya jauh semua dan ga tau juga alamatnya dimana, jadi aku bakal bikin design  e-invitation aja dikirim lewat email atau medsos. Undangan bakal aku pake untuk tetangga, temen kantor dan keluarga aja sebanyak 400 pcs.

Aku custom model undangan dan bahan nya, dapet harga IDR 4,500 untuk pemesanan minimal 400 pcs. Dan souvenir nya agak unik sih jadi lumayan harga nya sekitar IDR 5,000/pcs nya.

Okeee semua biaya nya udah aku list, jadi untuk total biaya yang bakal aku keluarin yaitu :

TAMU UNDANGAN : 1000 orang

  1. MUA  : IDR 25,000,000         (termasuk siraman, upacara adat dan paket basic)
  2. Catering : IDR 30,000 x 1000 pax = IDR 30,000,000
  3. Photographer : IDR 7,000,000
  4. Dekorasi : IDR 20,000,000
  5. WO : IDR 3,000,000
  6. Hiburan : IDR 2,000,000
  7. Undangan : IDR 4,500 x 400 pcs = IDR 1,800,000
  8. Souvenir : IDR 5,000 x 500 pcs = IDR 2,500,000
  9. Venue : — (rumah sendiri)

TOTAL : IDR 91,300,000

Yeayyy ! masih sesuai budget !

Coba kita hitung kalau pilih paket yang lebih murah lagi dan kita hilangin yang ga perlu nya yaah..

  1. MUA  : IDR 10,000,000         (paket basic)
  2. Catering : IDR 37,000 x 1000 pax = IDR 37,000,000     (paket termasuk dekor)
  3. Photographer : IDR 5,000,000
  4. WO : —-    (pake panitia keluarga)
  5. Hiburan : —– (pake cd player)
  6. Undangan : IDR 2,000 x 400 pcs = IDR 800,000
  7. Souvenir : IDR 3,000 x 500 pcs = IDR 1,500,000
  8. Venue : — (rumah sendiri)

TOTAL : IDR 54,300,000

Tuh kan bisa dengan modal 50 jutaan juga !

Sebenernya semua tergantung dari kita sendiri, mau bikin acara semewah apa, ngundang berapa orang, acara nya dimana. Ga perlu mikirin apa kata orang. Toh yang ngejalanin kita sendiri, orang cuma bisa komentar tanpa bantu ngasih modal !

Bener gaaa?

Selamat menghitung anggaran pernikahan kalian 🙂

Leave a Reply

