MAHAL GAK SIH TINGGAL DI JEPANG?

BERAPA SIH BIAYA HIDUP DI JEPANG..???

Sebenernya itu relatif sih yaa, meskipun tinggal di kota yang sama belom tentu pengeluaran nya juga sama. Yaa tergantung pinter-pinter nya ngatur keuangan aja sih.

Karna sering banget ditanya masalah ginian, aku coba info biaya hidup ala ala  lia aja yak !

Yuk kita itung-itungan ! *siapin kalkulator*

Sekarang aku tinggal di kota Sapporo daerah Hokkaido, yang pasti nya biaya hidup aku lebih murah daripada orang-orang yang tinggal di kota Metropolitan kayak Tokyo. Tapi menurut pengalaman, beda nya sih cuma dibiaya sewa apartemen aja *ini beda banget ! Suer ! Selebihnya sih kayak nya sama ajaaa…

Apa aja sih pengeluaran tiap bulan nya?

  • APARTEMENT

Di kota Sapporo, kamu masih bisa dapet apartement dengan kisaran JPY 30,000 per bulan nya. Room nya emang ga terlalu luas, kayak studio gitu tapi kamar mandi di dalem dan deket station ! *ini penting karna biasa nya makin deket station makin mahal*

Studio room itu bentuk nya kayak gini…

This is the kitchen unit in the apartment.

Jadi buka pintu langsung kamar, ga ada living room, bahkan kalau pun ada dapur itu sempit banget dan ada di ruangan yang sama.

Seriusan sekecil itu???

Emang rata-rata apartement di jepang mungil-mungil banget kayak kost-kostan di Indonesia. Harga segitu cuma room nya aja ga ada furniture apa-apa. Biasa nya kalau kamar mandi sharing harga nya bisa lebih murah.

Kalau di Tokyo mungkin apartement yang ukuran nya kayak gini harga nya sekitar JPY 50,000.

Terusss apartement aku kayak gimana?

Ini salah satu hal yang teramat sangat aku syukuri bisa dapet apartement kayak yang aku tinggalin sekarang ! apartement favoriteee kuuuu ♥

Apartement aku yang sekarang harga sewa nya JPY 50,000 per bulan tapi luaaassss banget (*untuk kalangan apartement di jepang) dan hanya semenit dari station !

Nanti deh bakal aku ceritain detailnya tentang apartement aku di post selanjutnya yaahh ! *kalau ga males :p

  • BIAYA LISTRIK, AIR dan GAS

Biaya sewa apartement di atas itu diluar biaya listrik, air dan gas. Ini lumayan mahal juga kalau dibanding tinggal di Indonesia *yaeyalaaahhh *ditoyor pemirsa

Berhubung Hokkaido itu winter nya panjaaaaangggggg bangeeeettttttt, biasa nya tagihan gas yang paling mahal. Karena heater di sini pake nya gas, bukan listrik kayak di daerah Tokyo atau daerah lain pada umumnya.

Kalau winter biasa nya pengeluaran aku untuk gas sekitar JPY 6,000 terus air paling mahal JPY 3,000 dan listrik JPY 4,000 kalau lagi boros. Total hanya sekitar JPY 13,000 .

Kok segitu dibilang hanya?

Karna tagihan segitu terhitung murah. Temen aku nih yaa yang tinggal di daerah yang sama untuk tagihan gas nya aja pernah sampe JPY 20,000. Aku emang jarang nyalain heater, kalau tidur selalu aku matiin karna futon (kasur ala jepang) aku anget banget.

  • BIAYA INTERNET

Naahhh kalau apartement aku udah ada wifi nya dan freeeee ! Jadi aku ga perlu ngeluarin uang lagi untuk tagihan internet.

Tapi biasa nya kalau apartement murah, kita harus pasang internet sendiri. Paket bulanan nya sekitar JPY 4,000 bahkan ada yang lebih mahal tergantung kita pake provider apa. Internet nya juga ada yang bentuk nya wifi biasa dan ada juga yang bentuk nya pocket wifi jadi bisa kita bawa kemana-mana.

  • BIAYA TELPON

Ini salah satu hal yang menarik di Jepang. Biasanya beli hp di jepang itu sistemnya kredit dan kontrak selama 2 tahun. Semua provider sama sistem kontrak nya dan harga nya juga ga terlalu beda jauh sih.

Misalnya aku pas pertama tinggal di jepang milih hp iphone 6s, pilih plan internet 7gb dan telpon sepuasnya. Sebulan nya itu aku bayar sekitar JPY 10,000 . Itu udah termasuk kredit hp nya selama 2 tahun.

Terus kalau ga sampe 2 tahun gimana?

Kita bakal kena denda tergantung berapa bulan sisa nya.

  • BIAYA MAKAN

Kalau biaya makan ini beda-beda sih yaa tiap orang. Biasa nya sekali makan sekitar JPY 1,000 ada sih yang lebih murah kayak Yoshinoya atau Sukiya paling JPY 500 sekali makan. Totalnya berapa? coba aja hitung sehari 3x terus kali 30 hari dalam sebulan.

Hhhmmmm mahal yeee sekitar JPY 90,000 per bulan.

Aku lebih sering belanja dan masak sendiri *wiissshhhh *kibas jilbab

Tapi serius ini murah banget banget banget itungan nya ! dan lumayan kan bisa sambil belajar jadi istri idaman *cieeeeee

Biasa nya sebulan gitu aku jatahin JPY 20,000 buat belanja sayuran, beras dll. Cukup banget kok bahkan masih mampu beli daging halal di toko india (✌◠▽◠)

  • ASURANSI KESEHATAN, PAJAK dan PENSIUN

Ini mahal banget sumpah kezeeel, tiap bulan potongan gaji nya lumayan (⌣̩̩́_⌣̩̩̀)

Jadi pemerintah jepang itu mengharuskan semua yang tinggal di sini baik orang jepang ataupun orang asing harus bayar asuransi, pajak dan pensiun.

Tapi berapa besar biaya nya itu berbeda-beda setiap kalangan.

Waktu aku jadi mahasiswa program exchange di Tokyo dulu, bayar nya murah banget. Asuransi kesehatan cuma JPY 1,500 terus ga perlu bayar pajak karna cuma kerja part time aja dan pensiun juga dibebasin.

Setelah jadi salary women alias karyawan dan pekerja tetap, setiap bulan nya langsung otomatis dipotong dari gaji.

And guess what??

Mehoonggg bangeetttttt T________T

Sebulan aku kena potongan sekitar JPY 40,000 gaeessssss….

Pajak emang tergantung berapa besar pendapatan kalian sih, jadi tiap orang beda-beda.

Terus asuransi itu meskipun kita ga pernah sakit dan ga pernah berobat tetep aja ga bisa balik.

Nah kalau pensiun kata nya sih bisa di refund setelah balik ke Indonesia, tapi hanya 80% aja dan ada batasan maksimum nya.

Hhhmmmm biaya apa lagi yaahhh….

Kayak nya segitu aja biaya pada umum nya, mungkin selebihnya tergantung pribadi masing-masing yaa…

Jadi total pengeluaran aku tiap bulan sekitar JPY 133,000, kalau di rupiahin dengan rate 115 mungkin sekitar IDR 15,300,000  *WEEWWW*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s