PUASA DI JEPANG

Lamaaaaaaaa pake bangeettttt !

Itu jawaban kalau ditanya, gimana rasa nya puasa di Jepang….?

Emang seberapa lama sih?

Hhmmm sekitar lebih dari 17 jam dan lama-lama jadi hampir 18 jam (・_・ヾ

Karena bulan puasa nya pas banget lagi summer jadi siang nya panjang pake banget!

Awal bulan ramadhan, adzan subuh nya sekitar jam 2 dan buka puasa nya jam 7 malem. Pas banget 17 jam ! tapi lama-lama adzan subuh nya kok jadi makin cepet ajaaa dan magrib nya jadi makin lamaaaa. Ajegileee hampir 18 jam total waktu puasa di 1 minggu terakhir ramadhan –”

Tapi alhamdulillah kuat, sama sekali ga haus cuma keroncongan aja pas tengah hari :p

Sebenernya yang bikin terasa berat bukan waktu nya yang lebih lama daripada puasa di Indonesia, tapi karena di sekeliling hidup elu cuma elu doang yang puasa.

Ga ada suara adzan, ga ada acara ceramah di tv, ga ada iklan sirup marjan, ga ada temen sahur, ga ada temen berbuka. Hampaaa sekali hati ini bang !

Jangan ditanya lebaran mau masak apa? mau bikin kue apa? mau pake baju apa?

Karena kalau bukan pas tanggal merah di Jepang, ane harus tetep ngantor sissss….

Kayak tahun lalu ! solat ied pake baju kantor dan langsung buru-buru cuss 😦

Dan jangan membayangkan suasana yang ramai dengan suara takbir, ribuan orang berbondong-bondong solat di mesjid, bahagia menyambut hari yang fitri. Di sini cuma bisa numpang solat ied di lapangan kecil dengan orang muslim dari berbagai negara yang jumlah nya hanya puluhan orang. Tapi alhamdulillah masih dipertemukan dengan ramadhan walau harus merantau di negeri orang :”)

Moga ramadhan tahun depan udah ada yang nemenin sahur yaaahhhh 🙂 *AAMIINNNNNNNN* *doa paling kenceng*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s