INTERVIEW PART TIME JOB (ARUBAITO) DI JEPANG

Memenuhi janji di post sebelumnya tentang Mencari Part Time Job (Arubaito) di Jepang, kali ini aku mau bahas tentang hal yang sering ditanyakan dan hal yang harus diperhatikan saat mensetsu (interview) untuk part time job di Jepang.

Selamat membaca 🙂

Setelah kalian melamar sebuah pekerjaan kemudian diminta untuk interview, hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah  rirekisho atau Curriculum Vitae (CV) dalam bahasa Jepang. Masukan rirekisho ke dalam plastic file folder yang clear atau tidak berwarna supaya terlihat rapi, tidak mudah sobek atau basah.

Karna ini hanya part time job, tidak diharuskan memakai suit (jas lengkap dengan dasi) tapi tetap harus terlihat rapi dan sopan, misalnya tetap menggunakan kemeja.

Cari tau dan cek terlebih dahulu lokasi nya sebelum hari interview supaya bisa dateng tepat waktu tanpa pake acara nyasar.

Jangan terlalu bersemangat dengan datang terlalu cepat dari waktu yang dijanjikan. Setidaknya 10 menit sebelumnya sudah harus tiba di tempat interview.

Setelah sampai di tempat interview, sampaikan salam dan maksud kedatangan nya. Jangan lupa untuk memperkenalkan diri juga yaa.

Contoh : 「アルバイトの面接のために来ました、リアと申します。」

Jika interview dilaksanakan di dalam ruangan, jangan lupa mengetuk pintu, mengucapkan salam dan jangan duduk sebelum dipersilakan. Mulailah dengan mengucapkan terima kasih karna sudah diberi kesempatan untuk interview.

Contoh : 「本日、お時間頂きまして誠にありがとうございます。宜しくお願いします。」

Hal yang paling pertama, kalian pasti akan diminta untuk perkenalan diri. Di sini bukan hanya menyebutkan nama dan negara asal saja, kalian bisa menceritakan hobi, berapa lama kalian tinggal di Jepang, atau hal apapun yang kalian anggap menarik untuk memulai sebuah perbincangan.

Contoh : 「はじめまして、インドネシアから参りました リア  ヌルリアンティと申します。リアと呼んでください。日本語を勉強したいというきっかけで一か月前から日本に住んでいます。大学の新卒業のため、仕事の経験がありませんが、ゼロから一生懸命頑張りたいと思います。特に料理を作るのが私の趣味なので、このお店で日本の料理を学びたいと思います。是非宜しくお願いします。以上です。」

Setelah perkenalan diri, biasa nya akan ditanya mengenai kekurangan dan kelebihan kalian. Jangan hanya menyebutkan kata sifat saja, misalnya “saya orang nya rajin”, tapi akan lebih baik jika kalian mengungkapkan nya dengan lebih jelas, misalnya dengan menceritakan pengalaman yang berkaitan dengan kelebihan atau kekurangan kalian.

Contoh : 「私は頑張り屋な人です。何かやりたいこととかほしいものがあればどんなに大変でも諦めず、一生懸命頑張ります。たとえば、大学時代で日本に留学プログラムがあって、参加したい方が試験を受けらないといけない。その試験が1年2回しかありません。日本に行きたくてたまらないので、4回受けて落ちましたが、5回目で合格できました!同級生と一緒に卒業できないですが、1年間で日本の生活が体験できて本当に良かったです。あと、私の短所ですが、人の名前を覚えるのは一番苦手です。クラスメートの名前とかは1年間ぐらいかかりました。日本では必ず名前で呼ぶのですごく大変です。そのために、誰かに自己紹介してからすぐメモをします。」

Selain pertanyaan untuk mengenal kepribadian kita, biasanya akan ditanya pula alasan kenapa ingin part time di tempat tersebut. Jadi lebih baik sebelum interview, cari info terlebih dahulu tentang tempat yang kita apply, misalnya pekerjaan nya seperti apa dan apakah kita cocok bekerja dibidang itu.

Contoh : 「私は大学で日本語の専門なんですが、4年間勉強してもなかなか上手にならなかったです。その理由は大学で文法ばかり勉強して、会話の練習がすごく少なかったです。アルバイト先で日本人のお客様をたくさん接客するので、直接コミュニケーションができて、日本語能力も上達すると思います。それ以外、来年から就職活動する予定で、それまでに仕事の経験があった方がいいかなと思います。このお店に大変興味がありますので、自分が貢献できると思います。」

Biasanya interview untuk arubaito hanya sekitar 15 menit. Di akhir pertanyaan kalian pasti akan ditanya mengenai kapan bisa mulai bekerja, ada request shift nya atau tidak, kemudian keberatan atau tidak jika harus bekerja di saat weekend dsb. Jadi sebelum interview kalian sudah harus bisa memutuskan saat ditanya.

Selain itu, kalian harus bisa memperkirakan dengan jelas jarak tempuh perjalanan dari rumah ke tempat kerja. Karna biasanya uang transportasi kita akan diganti.

Saat ditanya tentang jarak rumah jangan hanya menjawab “sekitar 15 menit”. Tapi harus dijelaskan juga transportasi nya. Misalnya, “station terdekat dari rumah saya adalah Sapporo station, naik kereta sampai ke sini sekitar 10 menit dengan biaya 250 yen sekali jalan”.

Setelah selesai jangan lupa mengucapkan terima kasih dan memberikan salam.

Contoh : 「本日有難うございます。結果をお待ちしております。宜しくお願いします。」

Setelah interview biasanya kita diminta untuk menunggu hasilnya sekitar 2-3 hari. Mereka akan tetep menghubungi kita meskipun hasilnya tidak diterima.

Kalian bisa apply ke beberapa tempat untuk perbandingan dan mencari yang paling cocok dan nyaman pekerjaan nya dengan kita. Kalau belum diterima jangan nyerah coba aja lagi !

Inget aja rejeki ga akan kemana 🙂

 

Leave a comment