Bikin VISA KOREA di Jepang!

Sering banget orang bilang, jangan lupa mampir ke Korea selama kamu tinggal di Jepang!

Karna memang kedua negara ini deket banget jaraknya, kalau dari Tokyo naik pesawat cuma 2 jam. Selain deket, harga tiket pesawat juga banyak yang murah. Kisaran harga nya ga nyampe 2 juta udah dapet tiket PP.

Pertama kali ke Korea tahun 2014, waktu itu aku sempet baca di beberapa blog yang bilang katanya kalau punya visa Jepang, kita bisa bebas visa ke Korea. Tapi issue ini simpang siur dan ga terlalu meyakinkan, jadi aku tetep bikin visa sedangkan temen aku yang sama-sama lagi kuliah di Jepang yakin kalau tanpa bikin visa pun dia tetep bisa berangkat ke Korea. Jadi dia memutuskan untuk ga bikin karna kebetulan waktu itu udah mepet banget.

Dia tinggal di Osaka dan aku di Tokyo, awalnya dia mau bikin di Tokyo bareng aku sekalian dia liburan dan stay di apato aku. Ternyata setelah sampe di Kedubes Korea, pengajuan visa dia ditolak karna dia tinggal di Osaka jadi harus ngurus visa nya juga di Kedubes Korea yang ada di Osaka. Ini juga penting banget, kalian harus cek daerah tempat tinggal kalian masuk nya di Kedubes mana.

FYI, mau ngurus di Kedubes mana pun kurang lebih persyaratan berkas nya sama, tapi kadang tetep ada sedikit perbedaan. Misalnya, aku ngurus di Tokyo sama sekali ga diminta surat keterangan pelajar dari kampus, tapi temen aku yang coba apply di Osaka diminta buat lampirin surat dari kampus nya. Dia 3 kali dateng ke Kedubes selalu ga berhasil apply karna ada aja berkas yang kurang. Terakhir dia ke Kedubes lupa bawa paspor -.-

Saking lelah nya, akhirnya dia menyerah.

Terus gimana nasib nya? masih tetep bisa masuk Korea?

Jawaban nya, iya. Tapi dengan berbagai drama.

Drama pertama dimulai di Bandara Kansai, Osaka. Aku dan dia berangkat bareng dari Osaka karna harga tiket pesawatnya jauh lebih murah dibanding berangkat dari Tokyo. Kita pake peach air, saat check in di counter, petugas nya nanya mana visa korea nya? terus temen aku jelasin menurut pengalaman orang lain, mereka ga perlu visa korea selama punya visa Jepang yang masih aktif. Ternyata itu benar, dengan syarat kita harus punya tiket keluar Korea selain ke negara Jepang. Jadi setelah dari Korea ga boleh balik lagi ke Jepang, tiket pulang nya harus ke negara lain. Akhirnya saat itu juga dia pesen tiket balik entah ke mana aku lupa. Tapi yang pasti harga tiketnya cukup mahal. Akhirnya setelah nunjukin tiket pulang selain ke negara Jepang, dia bisa lolos dan selamat sampe di Korea.

Btw kata nya aturan ini sekarang udah ga berlaku, kita tetep wajib bikin visa Korea meskipun punya visa Jepang atau meskipun kita punya tiket keluar Korea selain ke Jepang.

Drama itu pun belum berakhir, setelah seminggu di Korea, kita pulang secara terpisah. Dia berangkat duluan tapi kita bakal sampe di bandara Osaka di waktu yang hampir bersamaan. Ketika aku sampe di Osaka, dia sama sekali ga bisa dihubungi. Aku sempet khawatir banget takut dia kenapa-kenapa. Aku yang tadi nya berencana untuk nginep di apato nya dia dulu sebelum balik ke Tokyo akhirnya nyari hotel di daerah Kyoto. Besok siang nya dia baru ngabarin, dan kalian tau apa yang terjadi?

Jadi dia kan beli tiket balik dari Korea ke negara A, dari negara A ini beli lagi tiket terpisah untuk berangkat ke Jepang. Ternyata sampe di negara A, entah karna delay atau gimana dia ketinggalan pesawat ke Jepang nya. Diganti lah tiket dia dengan penerbangan yang transit dulu ke China. Sedangkan ke China itu perlu visa transit. Entah lah gimana dia ngehadepin nya tapi yang pasti dia selamat sampe kembali ke Jepang walapun dengan penuh drama :”

Back to the topic, aku mau jelasin beberapa persyaratan untuk mengurus visa Korea di Jepang.

Persyaratan nya sebenernya simple banget, yang diperlukan hanya :

  1. Visa application form
  2. Paspor (asli dan fotokopi)
  3. Residence card (asli dan fotokopi)
  4. Pas foto berukuran 3.5×4.5 sebanyak 1 lembar dengan background putih

Tapi biar lebih lengkap dan males bolak-balik kalau ternyata ada yang kurang, jadi aku sekalian lampirin dokumen tambahan seperti :

  1. Bukti reservasi hotel
  2. Bukti reservasi tiket pesawat pulang pergi
  3. Fotokopi KTP Indonesia
  4. Surat keterangan kerja/pelajar
  5. Fotokopi rekening bank 3 bulan terakhir

Saat pengajuan visa di Kedubes Korea, aku coba tanya ke petugas nya, dokumen tambahan yang aku bawa diperlukan atau engga. Katanya lebih baik dilampirkan supaya lebih lengkap jadi visa nya bisa lebih mudah di approve.

Proses pengajuan visa nya sekitar 1 minggu paling cepat 4-5 hari, aku apply di hari Kamis dan bisa diambil lagi di hari Kamis minggu berikutnya. Biaya untuk visa tourist sekitar JPY 4,400 per orang.

Untuk lokasi Kedubes Korea di Tokyo ada di deket Azabu-Juban Station, exit 2. Tinggal jalan lurus, kantor Kedubes nya ada di sebelah Olimpic Inn.

Kalau Kedubes Korea yang ada di Sapporo letak nya di deket Odori Park block 12, alamat nya di Kita 2 Nishi 12. Untuk kota lain bisa cek di sini CONSULATE GENERAL OF THE REPUBLIC OF KOREA.

Berhubung Kedubes Korea yang ada di Sapporo sepi banget dan sama sekali ga ada antrian, jadi nyampe sana langsung ke loket nya aja. Beda dengan yang ada di Tokyo, cara nya seperti ini :

  1. Datang ke South Korea Visa Consular Office yang ada di lantai 3.
  2. Isi form pengajuan visa (ada pilihan dalam bahasa Inggris, Korea atau Jepang)
  3. Ambil no antrian pengajuan visa di mesin
  4. Setelah no antrian dipanggil langsung menyerahkan dokumen ke loket sambil bilang jenis visa yang diajukan (tourist visa)
  5. Setelah dokumen lengkap dicek dan pengajuan visa selesai, kalian akan dikasih confirmation slip yang harus dibawa saat proses pengambilan visa.

Bikin visa Korea sama sekali ga ribet, ga ada proses interview juga. Kalau persyaratan dokumen kita lengkap pasti visa nya akan mudah di approve.

Selamat mencoba 🙂

 

 

 

Leave a comment